Disable IP Autoconfiguration pada Windows 7

Pagi-pagi sudah ditelepon teman kantor. "Programku tidak bisa terhubung ke server." Karena program ini saya yang membuat, maka saya segera ke komputer miliknya. 

Sesuai standar pencarian-kesalahan-jaringan-komputer, saya melirik pada icon Network di sebelah kanan bawah. Wah, ternyata ada tanda seru kuning. Berarti memang konfigurasi jaringan tidak beres.

Pertama-tama saya memeriksa IP. Kok autoconfiguration? Pantas tidak bisa melakukan koneksi ke server. IP hasil autoconfiguration memang tidak sesuai dengan format IP di tempat kerja saya. 

Saya sudah berulangkali mengubah IP kok tetap autoconfiguration. Akhirnya mencoba memperdalam ilmu lewat Mbah Google. Ternyata pemecahannya sederhana.

Pertama-tama saya mendapatkan id dari  interface lewat perintah:

netsh interface ipv4 show inter


 

kemudian memasukkan nomor id tadi di perintah berikut. Dalam kasus disini, nomor id di tempat saya adalah 16. Di tempat Anda mungkin berbeda.

netsh interface ipv4 set interface 16 dadtransmit=0 store=persistent



Setelah semua itu reboot lagi. Dan engggg....inggg....eng....masalah selesai

Disable IP Autoconfiguration pada Windows 7 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.