Apakah Anda Mulai Nge-Blog?

Jaman sekarang, menulis diary tidak harus di buku kertas wangi tebal dengan gembok. Sekarang bukan era, ada orang marah-marah karena temannya membaca catatan pribadinya pada sebuah buku. Terbalik! Sekarang malah banyak orang menulis agar orang lain membacanya. Yang beginian dinamakan blog. Penulisnya disebut blogger.
Apakah nge-blog perlu? Itu mah tergantung dari sudut mana Anda memandang. Jika Anda merasa punya sesuatu untuk dibagi pada orang lain. Apalah itu. Hobi, ketertarikan akan materi tertentu, atau berbagi ilmu. Anda bisa melakukannya di blog.

Anda tidak perlu memikirkan bagaimana menulis di internet.
Internet menyediakan blog-blog gratis, salah duanya adalah Blogspot.com atau Wordpress,com. Jika Anda bingung harus memilih yang mana, ya sudah, acak saja. Pilih random. Nanti jika Anda sudah mahir, Anda dapat membeli nama domain dengan nama Anda sendiri.

Bahkan tidak perlu memikirkan "menghias" blog Anda. 
Itu entar aja. Pikirkan dulu, "Anda ingin menulis apa?" Apa ketertarikan Anda. Dan mulailah menulis. Blogspot.com dan Wordpress.com sudah menyediakan template-template gratis. Anda tinggal memilih doang.  Jika masih belum puas, Anda bisa mengotak-atik script. Jika ini yang Anda mau, sebaiknya Anda mendaftar di blogspot.com. Di sini, Anda dapat mengganti layout bahkan dapat membuat layout mulai dari nol. Nah, gampang, kan!

Pilihlah Topik yang Anda Sukai
Saya mempunyai banyak teman yang meributkan layout/tata letak di blog dahulu sebelum menulis. Mereka penuh dengan ide-ide menarik. Nggak pa pa, itu hak mereka. Tetapi setelah mereka mempunyai layout menarik, blog mereka menjadi blog hantu dalam jangka waktu lama. Maybe mereka kelelahan menghias terus tidur ngkali. Ingatlah,  jaman dulu diary juga cuma beli buku dan menulis di kertas, kan? Jangan meniru-niru. Enjoy saja dengan diri Anda sendiri dan tulis. Masalah topik merupakan hal utama yang seharusnya Anda pikirkan. Banyak kok pilihannya: Fotografi kek, memasak, berkebun, kesehatan, fiksi or others. Jangan takut tidak dibaca. Itu masalah nanti. Menulislah karena Anda tertarik terlebih dahulu.

Tahap Lanjut: Pilih Layout yang Tepat.
Jika Anda sudah melakukan tiga hal diatas, maka sekarang saatnya  Anda pada tahap lanjut, yaitu otak-atik layout. Sebuah blog haruslah nyaman dibaca dan mudah dalam hal navigasi. Anda dapat mencari layout yang sesuai dengan karakter Anda atau membuatnya sendiri. Beberapa saran agar blog Anda menarik adalah:

  1. Beri akses pengunjung agar dapat menjelajahi semua artikel, baik lama dan baru.
  2. Beritahu pengunjung perihal artikel terbaru Anda
  3. Sedapat mungkin blog Anda harus mempunyai fokus pada subyek tertentu saja. Mencampur macam-macam tulisan dalam satu blog tidak saja membuat pengunjung bingung, tetapi juga memakan waktu dan pulsa internet. Apabila blog Anda terdiri dari berbagai materi, sebaiknya kelompokkan materi tadi dalam satu kelompok.  
  4. Menjelajahi internet itu pakai pulsa. Dan pulsa dibeli pakai duit, jika blog Anda sulit dibuka, maka pengunjung akan malas ke blog Anda. Jangan beri animasi macam-macam yang memberatkan membuka situs, seperti flash. Secukupnya saja. Lihat situs-situs besar, layout mereka sederhana saja tetapi informatif.

Selamat nge-blog ria!!

sumber gambar:   istock.com artist: andDraw

Apakah Anda Mulai Nge-Blog? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.