Espresso: Kopi Dasar Standar Internasional


Berbahagialah bagi penggemar kopi yang pernah menikmati espresso, sebab itu artinya mereka sudah pernah merasakan kopi dasar secara internasional.

Espresso disebut dasar dari kopi, karena dari espresso-lah tercipta kopi-kopi jenis-jenis lain, seperti latte, mochacinno, americano dan konco-konconya.

Jadi apa sih espresso itu?
Jaman dulu, kopi yang baik adalah kopi yang diminum sebelas hari dari tanggal penggorengannya. Dan sebelum diseduh, harus dalam bentuk biji dulu (bukan bubuk). Teknik sedu espresso adalah mempersingkat waktu penyajian ini. Sehingga meskipun baru dua hari lalu dipanggang, kopi tetap enak diminum. Kopi espresso harus digiling "tidak terlalu lembut" seperti kopi bubuk yang ada di Indonesia pada umumnya. Harus agak kasar sedikit. Tetapi lebih halus dari gilingan untuk vietnam drip.

Espresso sendiri adalah cara menyeduh kopi dengan menimbulkan lapisan coklat diatas kopi. :Lapisan ini disebut krema. Agar krema terbentuk dengan sempurna, diperlukan cara-cara menyeduh tertentu. Air panas bersuhu 90-98 derajat C akan  disemprot ke kopi dengan tekanan 9 atm dalam waktu 20-30 detik.

Oleh karena aturannya seketat ini, maka lebih baik membeli mesin espresso yang bisa diatur suhunya. Dan dan pastikan alat penggiling Anda menghasilkan gilingan yang standar.

Secangkir standar epresso dibuat dari 7 gram (±0,5) kopi yang diseduh ±30 detik untuk menghasilkan 25 ml  (±2,5) kopi dengan suhu saji 67 derajat Celcius (±3).

Tidak ada yang menghasilkan espresso paling sempurna dengan cara manual. Cara-cara seperti seduh ala moka pot tidak sempurna. Namun masih oke-lah untuk dikatakan "minum espresso dengan harga murah". Cafe-cafe lebih banyak menggunakan mesin-mesin espresso yang sudah pasti harganya mahal.


Ristretto
Ristretto adalah kopi jenis espresso yang banyaknya setengah dari takaran espresso biasa. Jadi sudah jelas lebih sedikit dari 25 ml. Barista akan menghentikan/mengambil cangkir espresso dari bawah mesin sebelum penuh. Dengan perlakuan seperti ini, peminum kopi akan mendapatkan rasa lebih manis karena ekstrak kopi terakhir tidak ikut-ikutan nyemplung dan berwarna lebih coklat pekat.

Doppio
Doppio adalah takaran dua kali espresso biasa,  kurang lebih 14 s.d. 18 gram bubuk kopi, sehingga pecandu kopi mendapatkan sekitar 60 ml espresso. Kata doppio sendiri berasal dari bahasa italia yang artinya double. Doppio ini yang biasanya dijadikan standar espresso daripada yang 25 ml.

Espresso: Kopi Dasar Standar Internasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.