Macam-Macam CPU Ponsel


Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, "Apa guna CPU dari sebuah ponsel?" Haruskah saya tahu? Ya. Anda harus tahu agar dapat memilih ponsel sesuai dengan keinginan Anda. CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit. CPU adalah otak komputer. CPU-lah yang meng-eksekusi peritah-perintah aplikasi dari ponsel Anda. Semakin pintar CPU, semakin baik kerja ponsel Anda. Berikut ini adalah beberapa prosesor terkenal yang beredar:

Exynos
Prosesor jagoan multitasking (menjalankan lebih dari satu aplikasi sekali jalan) ini milik SAMSUNG. Diproduksi dengan maksud membuat permainan game (aplikasi animasi) semakin ciamik. Masuk akal sih, sebab CPU ini jika memasukkan GPU (graphic prosessor unit) Mali-400 MP4 ke dalamnya. Sehingga jelas, jika Anda suka memainkan game pada ponsel, Anda dapat mempertimbangkan ponsel berbasis Exynos. Tetapi tentu saja harganya tidak murah. SAMSUNG memakainya pada produknya yang tergolong premium.
Contoh: Exynos 3110 (hummingbird), 4210 SoC, 4212

Snapdragon
Rasa-rasanya Anda pasti sering mendengar kata "Snapdragon" dihubungkan denganQualcomm. CPU ini umum ada di ponsel-ponsel yang beredar saat ini  Qualcomm adalah perusahaan yang memproduksinya. Kualitasnya tidak terlalu mengecewakan. Exynos masih satu tingkat diatas Snapdragon, tetapi karena Exynos eksklusif milik SAMSUNG, maka dapat dikatakan Snapdragon adalah CPU tingkat pertama yang berada di ponsel-ponsel.  Tetapi orang-orang mengeluhkan Snapdragon tipe 810. CPU ini membuat ponsel cepat panas.
Contoh: Snapdragon 200, 400, 600, 800

Mediatek
Tampaknya Mediatek dan Snapdragon saling kejar-mengejar. Kedua prosesor ini umum berada di pasaran. Menurut data strategic analytic, Mediatek di urutan ketiga setelah Snapdragon dan Exynos. Mediatek sudah hampir menyaingi Snapdragon dengan produk andalannya MT6735, dengan SOC (System On Chip) 64 bit Quad Core dengan GPU dari ARM dengan modem 4G LTE. Mediatek sejak awal dikenal dengan prosesor murah. Namun demikian, di Taiwan, Mediatek adalah perusahaan semikonduktor terbesar.
Contoh: MT6205, MT6216, MT6218B

Intel
Merek Intel sudah terkenal di dunia PC. Kali ini ini Intel mencoba keberuntungannya dengan menjual prosesor untuk ponsel. CPU ini terkenal dengan multithread-nya (menjalankan berbagai prosedur dalam aplikasi yang sama secara bersamaan), membuat dua Core serasa  empat core. Sebagai catatan: Multithreading berbeda dengan Multitasking. Kalau multitasking menjalankan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Sebenarnya, bisa dikatakan Intel lebih bagus dari Snapdragon. Coba jalankan interface pada Asus ZenFone 2 atau ZenFone Zoom. Kedua tipe ASUS ini lebih cepat dari Galaxy Note 5. Padahal Anda tahu sendiri, yang terakhir ini lebih mahal dari kepunyaan Asus. Tetapi mengapa perusaahan ponsel besar jarang yang memakai Intel? Itu karena Intel agak tidak bagus di "modem", padahal Snapdragon menawarkan CPU dengan modemnya.

Masalah kedua dari CPU Intel adalah ini. Mungkin karena Intel terbiasa dengan komputer, maka Intel menggunakan instruksi pada prosesornya dengan sistim CISC (Complex Instruction Set Computing) sedangkan CPU ARM menggunakan RISC (Reduce Instruction Set Computing). Dari singkatannya kita dapat mengerti perbedaannya. RISC itu "pokoknya dikerjakan". Sedangkan CISC, "akan dikerjakan dengan rapi". Tak heran Intel menghabiskan banyak daya.

OMAP
Produsennya adalah Texas Instrument. Sama juga dengan Intel, Texas Instrument sebelumnya telah terjun di dunia PC dengan memroduksi hardisk. Banyak telepon pintar yang menggunakan prosesor jenis ini. Tampilan website dengan prosesor initampak seperti tampilan pada komputer. Jika Anda sangat suka ber-website ria. Prosesor ini patut diperhitungkan. Dengan kata lain, inteface-nya oke punya. Apalagi mendukung video Full HD dengan tampilan bagus.
Contoh: OMAP 3, 4, 5

Tegra
CPU buatan NVIDIA ini sudah jelas fokus pada grafis dengan daya lebih rendah. NVIDIA kan terkenal sebagai produsen VGA Card di Personal Computer. Tegra adalah CPU pertama yang menggunakan Quad Core.
Contoh: Tegra 2, 3, 4

sumber gambar: greendroid.ucsd.edu

Macam-Macam CPU Ponsel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.