Wordpress Gratis Semakin Lama Semakin Menyebalkan


Saya mempunyai beberapa pilihan tempat saya nge-blog ketika pertama kali menulis di internet. Namun dari berbagai pilihan itu, saya mengeliminasi sampai tinggal dua, Wordpress.com dan blogspot.com. Saat itu dua-duanya sama-sama menarik. Saya menelusuri lebih jauh untuk menjatuhkan pilihan.

Tampilan blogspot.com secara dasar sangat jadul. Kurang begitu menarik. Memang diluar sana kita dapat mendapatkan template-template yang bagus, tetapi karena saya tidak mempunyai waktu mencari-cari template, maka saya cuma pasrah dengan template-template dasar. Menu pengaturan di blogspot.com juga tidak menarik. Tampilannya standar sekali, sama persis sengan tampilan buatan programer html tingkat pemula.

Template-template dasar Wordpress.com lebih cakep. Memang, beberapa templatenya berbayar, tetapi template-template gratisnya lumayan menarik Disamping itu, saya juga tertarik dengan menu administratornya. Tidak sejadul blogspot.com. Apalagi, wordpress.com mempunyai forum untuk menampilkan hasil-hasil tulisan kita pada wordpress.com.Mendapatkan pembaca di Wordpress juga lumayan cepat. Rupanya persatuan di penulis Wordpress lebih solid daripada blogspot.

Dan ini yang sangat menarik di wordpress. Kita dapat memperluas blog kita sampai level berbayar, dengan dukungan pada toko online. Tentu saja hal ini juga ditambah dengan adanya template gratis wordpress bagi Anda yang ingin mempunyai domain sendiri.

Tetapi bagi Wordpress gratis, tunggu sampai trafik Anda agak tinggi. Mulai trafik pengunjung sekitar 700/hari, Wordpress mulai menayangkan iklan di blog kita. Memang, iklan ini bisa dihilangkan jika Anda membayar pada wordpress, tetapi alasan saya memakai wordpress gratis ya karena gratis, kalau ingin mempunyai domain sendiri, sudah sejak dahulu saya lakukan.

Iklan di wordpress mula-mula cuma dua di bagian bawah artikel. Tetapi tunggu lagi sampai trafik Anda stabil sampai rata-rata 900/hari. Iklannya mulai nambah di samping kiri atas. Nah, lho, semakin menyebalkan.

Terus terang saya menyesal memilih wordpress gratis. Apalagi source html-nya tidak bisa diotak-atik, sehingga sukar membuat desain sendiri yang sesuai dengan selera kita. Pada blogspot, saya dapat menambahkan kode html atau mengatur menu sesuai kehendak saya sendiri.  Apalagi diluar sana banyak terdapat template blogspot gratis tis tis tis....

Blogspot dapat dijadikan latihan untuk membuat desain html sendiri. Lewat blogspot saya juga belajar bagaimana membuat layout yang efisien. Banyak rahasia-rahasia html coding yang selama ini hanya "black box" bagi saya, sekarang lebih saya pahami. Anda dapat menyediakan tempat iklan sebanyak yang Anda mau di blogspot.com (kan codingya bisa diotak-atik). Hal ini sulit Anda dapatkan jika memakai wordpress.com.

Oh ya, sebagai akhir kata, dalam menulis artikel ini, saya sama sekali tidak dibayar oleh pihak manapun. Apa yang saya tulis seratus persen dari pengalaman saya sendiri. Silakan Anda menilai menurut selera Anda.

Wordpress Gratis Semakin Lama Semakin Menyebalkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.