Fakta Planet Mars


Planet mars adalah planet ke-4 terjauh jika dihitung dari matahari. Sejak lama Mars menarik perhatian para ahli dan orang-orang film sejak diintip pertama kali oleh Galileo Galilei pada 1609. Saya pribadi tertarik dengan planet ini sejak SD.  Saat itu saya sering mendengar cerita-cerita tentang luar angkasa di film Flash Gordon. Ketika melihat gambar mars di salah satu buku terbitan penerbit buku-buku mahal, saya lebih tertarik lagi. Ketertarikan itu bertambah setelah ada film-film semacam The Martian.

Misi Mars pertama kali dilakukan oleh Soviet (sekarang Rusia) pada 10 Oktober 1960. Tetapi gagal. Kemudian Soviet mencoba melakukannya lagi sampai 5x dan selalu gagal. Baru pada 28 Nopember 1964, Amerika memberangkatkan misi dan berhasil mendekati Mars pada 15 Juli 1965. Memang misi yang tidak mudah. Jarak Bumi ke orbit Mars yang sekitar 227.840.000 km dari permukaan Mars saja harus ditempuh dalam waktu  687 hari (sekitar dua tahun jrenggggg!)

Tekanan di Mars sangat rendah. Sakng rendahnya, darah manusia langsung menjadi gelembung-gelembung apabila tidak mengenakan pakaian luar angkasa yang seharga 11 juta dolar USA per buah. Fakta ini belum seberapa. Kalau mau tinggal disana, kita juga harus memperhitungkan badai debu saat Mars dan Matahari berdekatan. Kecepatan angin saat itu sangat ekstrem sampai 201,168 per jam. Orang kurus langsung melayang.

Jika sudah ciamik mengatasi masalah ini, masih ada masalah lain. Bagaimana penunjang kehidupan di Mars? Planet merah ini mempunyai dua kutub es bernama Planum Boreum di sebelah utara yang dikelilingi dataran rendah Vastitas Borealis, dan Planum Australe di selatan serta dibawah bagian planet yang diduga bisa dihuni. Wah kalau esnya bisa dicairkan, mungkin bisa ada kehidupan di planet ini, ya?


Planum Boreum

Planus Australe

Saya iseng-iseng mencari perbandingan mars dan bumi seperti fakta berikut ini:

 Fakta  Bumi  Mars
 Jarak dari Matahari 143.098.291 km  206.655.215 km
 Diameter 12.756 km 6.792 km
 Panjang Tahun 365.25 hari  687 hari
 Panjang Hari  23 jam 56 menit  24 jam 37 menit
 Temperatur Rata-rata 14 C
Suhu paling rendah:  -88 C
Suhu paling tinggi: 58 C
Rata-rata -63 C
Suhu paling rendah: -140 C
Suhu paling tinggi: 30 C 30
 Isi Astmosfer Nitrogen, Oksigen, Argon, dll  sebagian besar karbon dioksida, uap air
Jumlah Bulan 1  2

Mars berputar memutari matahari membentuk lintasan. Kadangkala lintasan tersebut pendek, terkadang jauh. Ada 2 jenis jarak planet terhadap matahari, perihelion dan aphelion. Perihelion adalah jarak lintasan terpendek, sedangkan aphelion adalah jarak lintasan terpanjang.


Jarak mars dari matahari diatas adalah jarak rata-rata. Secara eksak, jarak perihelion mars adalah sekitar  206.655.215 km. Sedangkan jarak aphelion mars adalah sekitar 249.232.432 km. Lintasan Mars yang lebih panjang daripada Bumi mempunyai konsekwensi lain. Satu tahun Mars sama dengan kira-kira dua tahun Bumi. Nah lho. Satu hari Bumi (24 jam) sama dengan 24 jam + 40 menit di Mars.

Oleh karena jarak inilah, manusia lebih berharap bisa membuat koloni di mars daripada planet lain, sebab semakin jauh jaraknya, semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan untuk menuju kesana. Mungkin saja suatu ketika manusia mendirikan SPBU di Mars agar kita bisa melanjutkan perjalanan ke planet lain.

Dari tabel diatas, kita bisa melihat bahwa diameter mars lebih kecil daripada bumi. Jika Bumi dianggap bernilai 1 maka besar diameter mars adalah 1/2 kali bumi, sedangkan diameter bulan (diameter 3475 km) adalah 1/4 lebih kecil dari bumi. Dengan kata lain, mars 2x lebih besar daripada bulan dan Bumi 2x Mars. Andai bumi adalah wadah, maka bumi dapat menampung 6 planet mars.

Anda gendut? Berbahagialah apabila dapat pindah ke Mars. Gravitasi di Mars 62,5% lebih rendah daripada Bumi, sehingga 100 kg menjadi sekitar 38 kg saja. Kok bisa? Ya bisa. Setiap benda mempunyai massa. Gravitasi adalah gaya tarik antar massa sebuah benda. Berat adalah gaya gravitasi yang bekerja pada massa benda itu. Berat juga tergantung jauh dekatnya Anda dengan pusat planet. Di katulistiwa, berat orang lebih banyak daripada di tempat lainnya. Massa benda berlaku sama di semua alam semesta, tetapi tidak dengan berat. Berat tergantung gravitasi. Gaya gravitasi yang rendah menghasilkan berat yang lebih rendah juga.

Fakta Planet Mars Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.