Komposer Gitar Klasik Fracisco Tarrega


Beliau adalah komponis gitar kelahiran Spanyol di Villarreal, Castellón yang  termasuk komposer pada periode romantik. Tarrega memang dikenal sebagai komposer gitar ternama, namun juga sangat piawai memainkan piano. Oleh karena itu tidak mengherankan, banyak komposisi piano diterjemahkan oleh Tarrega ke dalam komposisi gitar seperti arasemen piano Beethoven, Chopin, dan Mendelsson, namun lewat arahan Emilio Arrieta, Tarrega diyakinkan supaya mendalami gitar saja dan melupakan keinginannya bermain piano. Lewat tangan dinginnya, komposer gitar seperti Miguel Llobet, Emilio Pujol, dan Daniel Fortea dihasilkannya. Tarrega diperhitungkan sebagai bapak gitar klasik moderen. Hal ini dikarenakan pada saat itu di Spanyol, gitar kurang diperhitungkan sebagai alat musik yang serius. Gitar hanya dianggap sebagai pengiring penyanyi saja. Lewat perombakan yang dilakukannya, pelan-pelan gitar mulai diperhitungkan sebagai musik yang serius. Beberapa perombakannya adalah:
1. Menaruh perhatian pada kuku gitaris untuk menghasilkan nada yang bagus.
2. Meletakkan jempol kiri pada leher gitar secara benar
3. Pembagian jari-jari kiri untuk menekan senar

Guru gitar Tarrega pertama kali adalah seorang pengemis buta, Manuel González, kemudian ayahnya mencoba mengirimnya pada seorang guru gitar Julian Arcas. Namun sayang, saat tiba di tempat guru tersebut, dia sedang tidak ada di tempat. Untuk memperoleh uang agar dapat terus hidup, ia mengamen pada bar-bar di Barcelona. Setelah pulang dari Barcelona, seorang pedagang kaya Antonio Canesa membantunya untuk masuk ke konservatori di Madrid. Pada saat itu dia menulis komposisi yang sangat terkenal sampai sekarang: Recuerdos De La Alhambra, setelah itu tak lupa Lagrima, yang cukup pendek untuk komposisi sebuah lagu, namun sangat menyentuh. Komposisi tersebut ditulis saat dia menngunjungi London. Pengalamannya yang kaya juga membuat dirinya menciptakan komposisi berbau arab seperti Danza Mora dan Capricho Arabe

Bulan Januari 1906, dia menderita kelumpuhan pada bagian kanan tubuhnya. Setelah menyelesaikan komposisi terakhirnya: Oremus pada 2 Desember 1909 dia meninggal pada usia 52 tahun pada 15 Desember.

Komposer Gitar Klasik Fracisco Tarrega Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.