Komposer Gitar Klasik Matteo Carcassi


Jagoan gitar asal Itali dan wafat di Paris, Perancis ini adalah komposer yang hidupnya banyak diliputi misteri. Bahkan tahun kelahirannya masih diperdebatkan, apakah di tahun 1792 atau 1793. Sulit sekali menemukan biographinya. Mariotinni, salah seoarang penulis biographi Carcassi berjudul: Matteo Carcassi (1793?-1853): un aggiornamento bio-bibliografico, telah mengadakan penyelidikan di Florence, Itali. Darisana didapat bahwa kemungkinan tahun 1793, Carcassi sudah ada di kota itu. Namun demikian bukti-buktinya masih dianggap kurang.

Tahun 1820 Carcassi mengadakan konser di London dan meraih kesuksesan baik sebagai artis maupun guru. Namun di Paris, bakatnya masih belum dikenal orang. Ini dikarenakan di Paris saat itu, orang-orang masih mengidolakan Fernando Carulli. Tetapi Carcassi tidak bisa disamakan dengan Carulli (disamping Carcassi lebih muda dari Carulli). Keduanya mempunyai gaya yang berbeda. Apalagi Carulli bermain gitar tanpa menegaskan penggunaan kuku jari seperti Carulli (kuku jari minded). Begitu juga dari segi melodi, Carcassi menggunakan banyak efek dari suara gitarnya.

Musim gugur tahun 1824, ia berada di Jerman, setelah itu mengadakan banyak pertunjukkan setiap tahun.  Dengan reputasinya, ia banyak bermain di tempat konser besar pada masa itu seperti salah satu pertunjukkan di London dia sempat konser berdua dengan Madame Stockausen di Argyle Rooms.

Pada berita kematiannya di Journal des Debate, tertanggal 20 Januari 1853, dikatakan: "Dia menjadikan Perancis, yang dilayaninya sebagai tentara, sebagai negaranya". Dia kemudian menetap di Paris pada 1856. Data ini didapat, karena sebagai penduduk Paris, ia menerbitkan buku: Nouvelle Méthode pour la Guitare edisi bahasa Perancis, yang kemungkinan diterbitkan antara tahun 1814-1816. Pada tahun 1820, menurut buku sekarah Gardenton, menyebutkan bahwa ia menjadi penduduk dengan alamat: 8 rue Grange-Batelière. Pada Januari 1853 ia wafat dengan meninggalkan 100 karya, beberapa fantasia, variasi tema, dan sonata untuk gitar

Komposer Gitar Klasik Matteo Carcassi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.