Manfaatkan Bawang Putih untuk Kesehatan


Kolestrol, flu, menambah stamina, bahkan untuk mengusir vampir, dapat menggunakan bawang putih. Eh, maaf, yang terakhir cuma bercanda. Tetapi memang, bawang putih adalah obat yang sangat bermanfaat berharga murah, meskipun kandungan belerangnya jika dimetabolisme oleh tubuh menjadi allyl methyl sulfide yang dikeluarkan oleh tubuh lewat keringat berbau minta ampun. Dan bau di mulut membuat lawan bicara Anda menjauh (halitolis).

Sebuah penelitian pernah diadakan di pabrik baterei selama empat minggu. Mereka diberi bawang putih sebanyak tiga dosis. Hasilnya membuktikan bahwa tingkat keracunan logam berat di darah mereka menurun  sampai 19%. Hasil ini diatas dari hasil pemakaian obat D-penicillamine. Penurunan ini diikuti dengan rendahnya sakit kepala dan tekanan darah.

Antioksidan dalam bawang putih juga ruarrr biasa. Eh, luar biasa. Tidak heran orang-orang yang menderita demensia dan alzheimer dianjurkan untuk mengonsumsi bawang putih karena daya antioksidan yang diperkuat penurunan kolestrol dan tekanan darah.

Unsur apa yang penting lainnya dari bawang putih?

Mangan 25 mg/100 gr
Unsur ini termasuk pembentuk ensim antioksidan superoxide dismutase 

Vitamin C 31,2 mg/100 gr
Siapa yang tidak tahu kegunaan vitamin ini. Sangat penting untuk antiradang, melawan infeksi. Tidak heran orang India dan China jaman baheula menggunakan bawang putih untuk mengobat flu, bronkhitis, dan batuk.

Selenium 14,2 µg/100 gr
Bahan pembentuk antioksidan dalam tubuh.

Besi 1,7 mg/100 gr
Besi sangat berguna dalam pembentukan bahan darah

Semua manfaat ini didapat dari kandungan bahan-bahan yang didapat pada bawang putih. Disamping kekuatannya sebagai antioksidan yang berskala ORAC sebesar 5346 µmol TE/100 g, bawang putih mempunyai tentara bernama alisin. Alisin akan terbentuk jika orang mencacah bawang putih dan membiarkannya selama tiga menit. Alisin terbentuk dari tiga serangkai: diallyl disulfide, diallyl trisulfide dan allyl propyl disulfide dalam bawang putih.

Apa kegunaan alisin ini?

Alisin Bermanfaat Menurunkan Tekanan Darah
Alisin akan membuat Nitrit Oksida (NO). NO membuat pembuluh darah menjadi lemas dan menurunkan tekanan darah sehingga menurunkan kemungkinan terkena penyakit pembuluh darah perifer (periferal vascular disease/PVD), penyakit arteri koroner (coronary artery disease/CAD) dan stroke.

Alisin Mengurangi Produksi Kolestrol
Alisin  menghambat enzim HMG-CoA reduktase di dalam sel hati sehingga mengurangi produksi kolestrol.

Alisin Berperang Terhadap Penyakit
Alisin disebut sebagai penghambat aktifitas sumber penyakit sehingga dinamakan sebagai antivirus, antijamur, antibakteri.

sumber gambar: 123rf.com

Manfaatkan Bawang Putih untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.