Mengubah Tangga Nada Lagu yang Mudah


Anda mungkin sering mencari chord lagu di internet. Dan hasilnya, tangga nada pada chord lagu tersebut tidak sesuai dengan suara Anda. Bagaimana perasaan Anda. Frustasi? Karena keinginan menyanyikan lagu tersebut sendirian dengan gitar Anda tidak tercapai. Atau mungkin ada seorang fingering style guitar dan tangga nada lagu yang Anda akan arasemen  diluar range gitar klasik Anda.

Ada cara yang sangat mudah dalam mengubah lagu. Anda hanya perlu mengetahui sedikit teori musik saja. Promise. Cuma sedikit saja. Marilah kita ambil contoh dari chord yang tertampil di blog saya, yaitu chord Bintang Kecil

Pada artikel itu saya menggunakan nada dasar Do=C. Nah, pura-puranya suara Anda cocok dengan awalan chord B di awal lagu, alias tangga nada B Mayor. Sekarang kunci-kuncinya apa saja?  Silakan melihat sedikit teori tentang tangga nada mayor di artikel saya agar tidak bingung dengan penjelasan dibawah ini.

Tangga nada C
CDEFGAB

Tangga nada B
BC#D#EF#G#A#

Anda lihat, bahwa kotak C lurus dengan B. G lurus dengan F# (atau Gb). Sedangkan F lurus dengan E, sehingga lagu Bintang kecil dengan tangga nada B mayor menjadi seperti dibawah ini:

B
Bintang kecil di langit yang biru
                                             F#
Amat banyak menghias angkasa
           B                            E 
Aku ingin terbang dan menari
              B          F#                 B  
Jauh tinggi ke tempat kau berada

sumber gambar: clipart-library.com

Mengubah Tangga Nada Lagu yang Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.